Thursday 31 January 2013

5 Sekuel Film yang Sukses Menangkan Piala Oscar

Sekuel adalah sebuah karya baik sastra maupun film yang memiliki jalan cerita yang bersambung atau kronologis. Kebanyakan, film sekuel yang ada sering mendapat kritik yang pedas karena tidak mampu memenuhi harapan penontonnya.  Banyak orang yang berpikiran bahwa sekuel film dibuat karena sutradara dari film tersebut kehabisan ide baru. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena banyak sekuel film atau film lanjutan yang ternyata dapat memberikan hasil yang lebih baik daripada seri yang sebelumnya. Bahkan ada beberapa film sekuel yang justru sukses mendapatkan penghargaan di Academy Awards. Berikut adalah 5 sekuel film yang memiliki kualitas lebih baik bila dibandingkan dengan film pendahulunya. Apa saja film tersebut? Simak terus artikel berikut.
1. The Dark Knight



The Dark Knight adalah sekuel film dari Batman Begins. Salah satu tokoh yang mengangkat film The Dark Knight menjadi populer adalah Ledger yang berperan sebagai The Joker yang legendaris itu. Film ini mengisahkan kota Gotham yang diserang dengan berbagai teror. Batman (Christian Bale) dibantu oleh Letnan Jim Gordon dan Jaksa Harvey Dent (Aaron Eckhart) melawan musuh berat mereka yang menamakan dirinya The Joker (Heath Ledger). Tokoh The Joker sendiri memiliki kepribadian yang baik, lucu dan sekaligus mengerikan. Dengan kisah yang dikemas dengan baik, penampilan luar biasa dari Heath Ledger, dan adegan aksi yang begitu heboh, tak heran jika Christopher Nolan berhasil membuat film sekuel ini sukses. Saat keluar pada tahun 2008, The Dark Knight langsung menduduki peringkat atas dengan pendapatan sebesar 1,5 milyar rupiah.
2. Spiderman 2

weirdworm.com
Spider-Man 2 merupakan film lanjutan dari Spiderman. Spiderman 2 merupakan salah satu film superhero terbaik yang pernah dibuat. Pada tayangan perdananya, Roger Ebert berkomentar bahwa seharusnya film – film superhero mempunyai kualitas seperti Spiderman 2. Sekuel dari Spiderman ini memiliki kualitas yang tinggi, terutama pada tokoh penjahat nya. Selain itu, cerita dari Spiderman 2 pun dikemas dengan lebih baik dengan menampilkan sisi manusia sang superhero.
3. Godfather II

weirdworm.com
Banyak kritikus film yang menilai bahwa film The Godfather: Part II (1974) merupakan salah satu film terbaik yang pernah dibuat. Meski pendahulunya, yaitu The Godfather (1972) sendiri sudah dinilai sebagai sebuah karya yang fenomenal. Ternyata sutradara film Godfather, Francis Ford Coppola, mampu membuat sekuelnya yang luar biasa. Bila film pertamanya hanya mampu memenangkan tiga penghargaan Academy Awards, The Godfather: Part II mampu memenangkan enam penghargaan, termasuk kategori sebagai penghargaan Film Terbaik dan Sutradara Terbaik. Selain itu The Godfather: Part II juga menjadi film sekuel pertama yang sukses menjadi film terbaik di ajang Academy Awards. Marlon Brando yang berperan sebagai versi tua dari Don Vito Corlone mendapatkan penghargaan sebagai Aktor Terbaik. Sementara itu, Robert De Niro juga mendapatkan penghargaan sebagai Aktor Pemeran Pembantu Terbaik dalam perannya sebagai Vito versi muda.
4. LOTR – The Return of The King

weirdworm.com
Film sekuel berjudul The Lord of the Rings: The Return of the King ini merupakan film yang paling banyak menerima kritik sekaligus merupakan film tersukses sepanjang masa di box office. Film ini disutradarai oleh Peter Jackson dan dirilis pada tanggal 17 Desember 2003. Film yang diadaptasi dari novel karangan J.R.R. Tolkien ini memiliki genre film epik fantasi. Film ini telah berhasil memenangkan 11 penghargaan Academy Award dari sebelas nominasi. Dengan prestasinya yang seperti ini, film ini mampu bertanding dengan film Titanic dalam hal memenangkan penghargaan Academy Awards terbanyak. Selain itu, film LOTR – The Return of The King ini juga memenangkan kategori sebagai Film Terbaik Oscar yang membuatnya menjadi satu – satunya film fantasi dalam sejarah dunia perfilman yang dapat memenangkan penghargaan ini.
5. Terminator 2 : Judgement Day

weirdworm.com
Terminator adalah sebuah film fiksi ilmiah yang memiliki biaya produksi yang rendah. Lewat film pertamanya, James Cameron berhasil merilis sebuah film yang sukses di pasaran. Kemudian 7 tahun kemudian, James Cameron merilis sekuelnya yang berjudul Terminator 2: Judgment Day (1991). Film sekuel Terminator 2 ini berhasil meraup keuntungan sebesar 5 triliun. Dinilai dari segi kualitas, Terminator 2: Judgment Day jauh lebih unggul dari pendahulunya. Terminator 2 ini memiliki cerita, akting, serta efek visual yang dikemas dengan lebih baik. Selain itu, tokoh penjahat di Terminator 2 juga terlihat lebih jahat dan berbahaya. Keunggulan film sekuel ini juga diakui lebih baik secara teknis di ajang Academy Awards. Film ini sukses memenangkan penghargaan untuk Makeup Terbaik, Penggubahan Efek Suara Terbaik, Suara Terbaik, dan Efek Visual Terbaik.

sumber: jadiberita.com