Friday 1 August 2014

[SOLUSI] Mengatasi Akun Google yang Tidak Bisa Sinkronisasi di Android


Sebelumnya saya ucapkan Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin... berhubung masih suasana lebaran. hehe...

Dalam artikel yang singkat dan penulisan yang sederhana ini saya akan mencoba memberikan satu trik yang saya dapat dari forum.xda.developers. Buat yang biasa oprek androidnya pasti udah tahu dengan forum yang satu ini.

Permasalahan muncul saat saya ingin mencoba mendownload aplikasi di Play Store. Ketika saya buka aplikasi Play Store, muncullah keterangan bahwa koneksi internet sedang tidak stabil dan disarankan untuk menggunakan koneksi wi-fi. Tak pikir panjang, langsung saja saya pinjam HH teman untuk tathering hotspot namun tetap saja "koneksi gagal". Akhirnya saya coba cek akun google saya di Menu Pengaturan. Di sana muncul keterangan "Sync is currently experiencing problems".



Tanpa pikir panjang saya langsung googling aja. Ehh.. ada yang aneh.. ternyata akun google saya normal-normal aja, masih bisa digunakan di browser. Tambah bingung deh... pertama googling pun tidak mendapatkan hasil yang memuaskan... :( hingga akhirnya saya teringat forum.xda.developers yang merupakan kumpulan para Master Android di sana.

Ketemuuuu....!!!!

Langsung aja deh... biar gak panjang lebar... saya bagi2 ilmunya...

Ternyata permasalahannya ada disini gan..

- File sistem 'hosts' yang ada di folder (/etc/hosts) ada point yang berubah... dan saya tidak tahu penyebabnya apa.. hehe

A: Terus ngerubahnya lagi gimanaaa???
B: Ya diedit aja doong....
A: Caranya...???
B: Buka aja file hosts (Syarat: HH harus sudah diroot)
    Cari file 'hosts' di folder (etc\disini) pakai aplikasi root explorer. Tap tahan-Pilih Text Editor.
   Setelah terbuka, coba lihat... disitu ada tulisan seperti di bawah ini :
   
   127.0.0.1 localhost
   74.125.93.113 android.clients.google.com
   

  Tinggal tambahin aja "#" di baris kedua di bagian awal. jadinya seperti ini:
 

  127.0.0.1 localhost
  #74.125.93.113 android.clients.google.com

  
  Terus SAVE deh..
  Hapus dulu akun google kamu.
  RESTART... 
  Setelah booting, HH akan meminta memasukkan akun google lagi. 
  Kalo tidak ada permintaan, coba setting manual aja ya... masuk ke menu Pengaturan,   Tambahkan Akun..

  Maaf... kalo tulisan saya acak-acakan... maklum punya niat jadi penulis tapi baru bisa jadi PEMBACA doang .. hahaha... Yang pasti saya cuma mau berbagi aja... apa salahnya berbagi sedikit ilmu yang mungkin bisa bermanfaat buat kita semua.

:)

Sumber: http://forum.xda-developers.com



113 komentar

terimakasih gan, ane sukses, membantu sekali postinganya

Untuk folder file hosts itu terdapat di memory telepon atau memory card ?
Saya cari file itu ga ada gan.
Mohon bantuannya gan, soalnya hh sampe saya wipe untuk yg kesekian kalinya, tapi kendala masih tetep ada.
Jadi galau ni gan :(

Letak foldernya di memory internal gan, HH harus sudah di-root supaya bisa diedit isi file di atas.

thanks gan coc ane jadi aman ni :v

Sama2 gan.
Terima kasih sudah berkunjung :)

File hosts nya pernah saya hapus gan.
Trus cara dapetin file itu lagi gimana caranya gan?

Coba dibuat manual aja gan.
Masuk ke folder etc\ --> cari perintah tambahkan file --> buat nama 'hosts' tanpa tanda petik --> save

Download root explorernya dimna gan?

Di play store ada gan...

Gan ane udh tmbah.in # ..trus kluar folder host.bak gt ..trus akun ane blum bisa masuk ..gmn lg yaa

Klo ada 2 file hosts dan hosts.bak, hapus aja yg hosts.bak.
Tp klo cm ada hosts.bak, direname aja gan jd 'hosts'

Bang baris kedua kok punya ane kok ga ada ya?

Hosts gua kok gak bisa di edit

Ditulis manual aja sesuai yang ada di tutorial ini

Mungkin HH agan belum di-root. Krn untuk modifikasi file sistem kondisi HH hrs rooted.

Folder etc nya nggak ada bang. Mohon bantuannya..

Sudah cb buka pake root explorer/ file manager sejenis yg bs buka file2 sistem.
Pastikan HH ente udh di-root gan :)

Alhamdulillah work gan. Makasih yo, panjang umur dan sehat selalu dah gan. :))

Alhamdulillah... Sama-sama gan.

Do'a yg sama buat agan :)

Agan saya udh punya root explorenya trs gmna ngeroot nya,,, maklum,,,

Maaf baru sempat balas :)
Untuk proses root bisa googling aja, sesuaikan dg tipe gadgetnya.

masalah saya ,di gk biza sinkron dgn gmail aku kk,, aku coba bwt akun baru di google,, lalu gw coba sambung di akun google bluestack aku,, tp yg muncul "could't sign in"
"there was problem comunicating with google server"
"please try again later"

om berlaku di bluestcks jg ga...?

Sudah coba cara di atas?

terimakasih bang it work :D

wah kok saat akan di save tidak bisa ya.....selalu muncul pesan error.....need help ^_^

file hosts ane udah ane hapus gan... trus dpat itu lagi dari mana gan?

This comment has been removed by the author.

masuk dengan akun google yang sebelumya di sinkrokan pada perangkat ini..( ganti gmail.flash ulang tetep ngk masuk tau solusi nya gan))??

kenapa akun google saya tidak dapat disingkronkan, terus play store tidak bisa conectin

Udah coba cara di atas gan?

Gan ane ga sengaja ngapus sistem bawaan android Samsung Sm G-355H com.android.phone lgsg saya reset factory...saat masuk lg tampilan menu wizard blank ga ada menu utama dan saya ga bisa masuk ke gmail untik mendaftarkan email lama...kesalahan saat masuk ke server google brgkali bisa bantu...saya ga pny back-up laptop di upgrade ulang amsyong dah bantuanny bisa

Mlm semua nya.. Saya ada satu masalah tentang sinkronisasi akun setelah saya memperbarui layanan google play.. Ada satu aitem di sinkronisasi akun yang nama nya detail orang yang gk mau di sinkronisasi
Gi mana cara solusi nya ya.. Soal nya gara2 itu gak bisa google play game nya terkoneksi.mohon bantuannya

Mlm semua nya.. Saya ada satu masalah tentang sinkronisasi akun setelah saya memperbarui layanan google play.. Ada satu aitem di sinkronisasi akun yang nama nya detail orang yang gk mau di sinkronisasi
Gi mana cara solusi nya ya.. Soal nya gara2 itu gak bisa google play game nya terkoneksi.mohon bantuannya

Mlm semua nya.. Saya ada satu masalah tentang sinkronisasi akun setelah saya memperbarui layanan google play.. Ada satu aitem di sinkronisasi akun yang nama nya detail orang yang gk mau di sinkronisasi
Gi mana cara solusi nya ya.. Soal nya gara2 itu gak bisa google play game nya terkoneksi.mohon bantuannya

Coba di-flash ulang dg Stock ROM gan

gw malah masuk ke google nya lamanya minta ampun ampe 2 jam,google play gw malah white screen(gk muncul2)gimana solusinya,blue stack gw udah di root bang udah gw ikutin cara ntuh ttp gk bisa

trus gw mau tanya itu yang dibaris kedua android.clients.google.com di tulis juga?

trus android.clients.google.com yang dibaris kedua di ketik juga?

Setelah browsing sana-sini gak berhasil2. Akhirnya gmail saya sembuh juga berkat trik-nya agan jerrianto.
Thx gan!! sangat membantu

Hatur nuhun salam sunda :D

gan kalo ane udh ke hapus hostnya gimana nih?

Work gannn, terimakasiihhh

ditulis/tidak sama saja gan ... :)

terima kasih sudah mampir di blog ini gan :)

Coba download di sini gan https://goo.gl/RVmkm3

sama-sama gan. Terima kasih sudah mampir... :)

Gan punya saya saat masuk akun google kok kesalahan terus kenapa ya?

This comment has been removed by the author.

mau tanya gan, ane baru beli android baru merk samsung, sebelumnya juga pake samsung, dulu contact telepon ane save di google contact, tapi sekarang mau dipindahin ke hp baru kok ga keluar ya contactnya, padahal ane udah registrasi pake email yang lama..mohon pencerahannya gan..thanks..

Coba untuk sinkronisasi gan...

kalo masalahnya di blue stack bukan di hp gmna gan?

bang jerri....
sdh setahun aq punya permasalahan akun mirip di atas.. tapi sampai kini pun smua trik kagak berhasil (mungkin harus di flash ori nya... !!!! hehehe).
punyaku jb 4.1.2
root
cust rom S3

permasalahan kagak bisa masuk dan nambah akun !. tapi.... kalo buat buat new/fresh akun baru bisa masuk....( lah kalo hp ini di reset 10 kali akunnya pun harus ganti 10 kali... !!!!).
sdh cara host ga bisa ! di delete ato di rubah sama kagak bisa..

lewat verifikasi google sama juga kaga bisa...

trs berdoa tok moga ga ke riset... selama ini sdh 3 kali ganti akun... karena akun lama ga bisa masuk....

HH harus diroot maksudnya apa

Maaf Kang Muss... untuk permasalahan di bluestack sy blm bisa kasih solusinya.

Iya gan, coba diflash dg ROM Ori...

Mungkin agan harus googling dulu tentang Root (Pengertian dan fungsinya). krn salah satu fungsinya supaya kita bisa punya akses untuk memodifikasi file2 system yg ada di android kita yg tentunya dibutuhkan untuk melakukan trik di atas. :)

Saya sdh sinkronisasi kontak hp ke google contact tp waktu saya aktifin di hp yg baru ko kontak nya ga masuk ke hp itu,gmn ya

Saya sdh sinkronisasi kontak hp ke google contact tp waktu saya aktifin di hp yg baru ko kontak nya ga masuk ke hp itu,gmn ya

Gan, ane udh berhasil masuk akun google dgn cara agan yg diatas... Tapi kok play storenya msh tetep gk bisa, mohon solusinya...
Sama satu lagi, kalo udh disave kan ada 2 host, host yang lama apakah perlu dihapus ?
TerimaKasih

Gan ,udah gw coba berkali-kali masih tetep ga bisa gan ,gimana? itu caranya work gak, buat emulator android ?

Gan, sudah saya root pakai framaroot, tp ane gak punya root explore, tapi pakai X PLORE manager, tp hosts tetap read only, gak bisa di edit, gak bisa dihapus, hp ane LENOVO a390
mohon bantuannya


gan ..playstore gx bsa open ..stelah hardreset ,gimana solusinya ,google search bisa di buka pake email yg sma sperti email playstore

Punya saya bisa buat brosing cuma klo mau singkronkan ada peringatan: sinkronisasi sedang bermasalah.akan pulih sesaat lagi: klo mau plystor slalu minta password trs...mohon solusinya gan

pastikan HH agan sudah benar2 kondisi root.
coba instal apk root checker.

sudah coba cara di atas??

sudah coba cara di atas??

dihapus yg ada exetention .BAK

kalo permasalahannya di bluestack gmn mas?

Thanks bro,punya gue udah jadi..

Bagi yg pake BlueStack, pake aja cara diatas. Ane sukses. Sebelumnya cb Clear Cache ma Clear Data di Play Sore nya terlebih dahulu..

Punyaku kga bisa masukin akun.jga tambah akun...selalu suruh peeiksa sambungan..dan sya mw cba cara ini..bismillah

Makasih banyak gan., udah bisa sekarang

Makasih banyak bang thanks banget udh ngebantuin sya!!

Trimakasih banyak mas jerri sangat membantu

Kan saya pernah hapus file hostnya tuh. Itu kalo buat file host lagi ipnya harus sama dengan HH atau gak ?

Thank you. The problem was solved ^-^

Misi mas mau nanya nih kan aku dah masuk di root ekplorer etc trus hosts tapi kok pas aku tekan text editor kok ngga muncul apa2 tolong infonya mas.

Maaf sebelumnya,saya udah coba cara yg di atas, cuma gak bisa, mungkin karena HH nya blom di root.
Kalau boleh tau maksudnya HH itu apa ya, maklum gak ngerti...
Trus gimana cara ngeroot HH itu di hp oppo.

Maaf sebelumnya,saya udah coba cara yg di atas, cuma gak bisa, mungkin karena HH nya blom di root.
Kalau boleh tau maksudnya HH itu apa ya, maklum gak ngerti...
Trus gimana cara ngeroot HH itu di hp oppo.

Maaf sebelumnya,saya udah coba cara yg di atas, cuma gak bisa, mungkin karena HH nya blom di root.
Kalau boleh tau maksudnya HH itu apa ya, maklum gak ngerti...
Trus gimana cara ngeroot HH itu di hp oppo.

Thanks gan infonya...
Berkat info dari agan akun coc ane selamet....
😀😀😀

HH itu maksudnye Hape non, salah ketik dikit jangan di protes...

Bang saya sudah edit host nya, sudah saya save, tapi tetep balik lagi kaya semula hostnya

HH agan sudah di-root?
klo belum di-root, file system yang sudah di-edit tidak bisa disimpan.

coba googling "cara root sesuai tipe HP agan"

Di file host nya cmn ada tulisan "127.0.0.1 localhost"
Ini nya "74.125.93.113 android.clients.google.com " gk ada

Gan minta saran dong.. hp ane sync na nonaktif trus gk bisa aktif lg.. sya sudah nyoba bernagai cara tp ttep ja gk bsa aktif sync na.. klo masuk play store gagal RH-01
mohon saran na dong

Work 100% makasih bgt gan :D

Malam gan
saya uda nemu file host nya cuman tidak bisa di edit
jadi gimana itu ???

Gan kalo masuk playstore bisa ,download juga bisa tapi pas mau masuk gimal gak bisa ,gimana ya gan cara atasinya
Makasih gan..

Sama2 gan.
terima kasih sudah mampir :)

HH agan sudah di-root??

Gan ga bisa d edit. Pqs udah d edit save pas di exit jd yg awal lg gmana ya??

Gan itu android.clients.google.com nya dibikin juga ngk

Gan itu android.clients.google.com nya dibikin juga ngk

Makasih gan bisa tapi play store suruh perbarui tapi tidak bisa di perbarui tolong caranya

gan gak bisa di singkronkan akunnya tolong pencerahanya

kalo di bluestack atau nox apk android gimana bang ?

mas aku pakek oppo, kok tetep gk bisa, mohon bantuannya mas admin

Gak WORK di emulator NOX gan...
ini emulatornya juga udah di root, dan ikuti caranya di atas tetap gak bisa... SOLUSI dong!!!